Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita

loading...
Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Bahan Disekitar Kita ~ Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Kebanyakan hemoroid adalah penyakit ringan dan bahkan tidak menimbulkan gejala. Jika saja terdapat gejala wasir, biasanya yang sering terjadi adalah:
  • Pendarahan setelah buang air besar. Warna darah berwarna merah terang.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus. Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.
Ambeien atau lebih dikenal dengan wasir, adalah penyakit yang mengenai bagian bibir anus. meskipun dianggap sepele, namun terjadinya pembengkakan dalam bentuk benjolan kecil ini memiliki banyak resiko.

Proses buang air besar terganggung bahkan terhambat maupun duduk menjadi tidak nyaman. meskipun tidak mematikan, namun kita haruslah mengobatinya.

Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita
Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita

Dapat dibayangkan bila proses BAB terganggu, feses akan menjadi kerasa dan menimbulkan luka pada wasir bila dipaksakan. Resiko infeksi jelas dapat terjadi.

Pembuluh darah bisa membengkak di dalam anus dan tidak dapat terlihat, ini disebut sebagai hemoroid internal. Pembengkakan juga bisa terjadi di luar anus yang terasa lebih nyeri, yaitu di dekat lubang anus, disebut sebagai hemoroid eksternal.

Wasir atau hemoroid adalah penyakit yang umum terjadi. Pada usia 50 tahun, hampir setengah orang dewasa menderita gatal-gatal, tidak nyaman, dan pendarahan. Ini bisa menandakan munculnya hemoroid.

Penderita Wasir atau Hemoroid di Indonesia

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

Berkonsultasi Kepada Dokter

Jika gejala yang muncul tidak membaik, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Terutama jika Anda mengalami pendarahan atau merasa perih. Gejala hemoroid biasanya hilang dengan sendirinya. Selain itu, kondisi ini bisa disembuhkan dengan pengobatan sederhana yang bisa dibeli di apotek tanpa memakai resep.

Dokter bisa mendiagnosis apakah Anda menderita hemoroid dengan menanyakan riwayat kesehatan dan juga melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan memeriksa saluran pembuangan Anda. Beberapa orang merasa enggan untuk bertemu dokter. Anda tidak perlu merasa malu, semua dokter sudah terbiasa dalam memeriksa dan manangani wasir, karena ini adalah penyakit yang sangat umum.

Penyebab Kemunculan Wasir (Hemoroid)

Penyebab hemoroid sebenarnya masih tidak jelas. Tapi, penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di anus dan sekitarnya.

Peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar. Konstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid:
  1. Sering mengangkat benda berat secara rutin.
  2. Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah.
  3. Batuk terus menerus atau sering muntah.
  4. Kelebihan berat badan.
  5. Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid.
  6. Sering duduk dalam waktu lama.
  7. Sedang hamil.
  8. Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse).

Perubahan Gaya Hidup Untuk Mencegah Dan Mengobati Wasir


Gejala hemoroid bisa menghilang setelah beberapa hari tanpa penanganan. Hemoroid yang muncul pada masa kehamilan akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda melahirkan. Tapi membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya sangat disarankan. Perubahan gaya hidup yang dimaksud adalah:
  1. Meminum banyak air putih. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  2. Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  3. Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  4. Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  5. Menurunkan berat badan.
  6. Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.
Perubahan gaya hidup di atas juga bisa mengurangi risiko hemoroid untuk kambuh. Atau juga bisa mencegah munculnya hemoroid atau wasir. Selain itu, terdapat obat-obatan yang bisa dibeli atau diresepkan oleh dokter. Obat ini berfungsi untuk mempermudah dalam buang air besar. Obat oles bisa langsung digunakan pada bokong Anda atau tablet yang bisa dibeli dari apotek secara bebas.

Untuk mengatasi hemoroid yang lebih parah, bisa digunakan beberapa jenis pengobatan. Salah satunya adalah dengan pengikatan wasir. Ini adalah proses tanpa operasi. Tali yang elastis diikatkan pada bagian bawah hemoroid secara kuat. Ini bertujuan untuk memotong aliran darah. Hemoroid akan terjatuh sekitar satu minggu. Operasi dengan pembiusan umum kadang dilakukan. Operasi hemoroid ini bertujuan untuk mengangkat atau menyusutkan hemoroid yang besar atau jenis eksternal.

Beberapa tanaman obat tradisional wasir yang akan kita bahas kali ini, dipercaya mampu menghilangkan wasir.

Tanaman Obat Wasir/Ambeien Secara Tradisional:


1. LIDAH BUAYA

Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita
Lidah Buaya/Aloe vera

Lidah buaya adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Banyak yang mengira bahwa lidah buaya hanya bagus untuk perawatan rambut saja, tapi kenyataannya tanaman ini dapat mengobati masalah wasir.

Tanaman berkhasiat ini akan membantu proses penyembuhan dengan cepat dan merawat luka pada wasir. Adapun cara membuat ramuan lidah buaya ini sangat mudah.

Ambil batang lidah buaya secukupnya, bersihkan dari kulit lalu cuci bersih agar lendirnya hilang. Siapkan blender dan blender lidah buaya ini beserta air, sedap pula ditambahkan madu. Ramuan obat wasir alami tanpa efek samping siap untuk minum rutin.

Kita juga bisa memanfaatkan tanaman obat tradisional ini sebagai obat alami untuk menurunka asam lambung.


2. DAUN SIRSAK

Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita
Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.)

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Daun yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat didalamnya, salah satunya untuk mengatasi wasir. Bahkan kandungan didalam daun sirsak tersebut mampu menghilangkan bengkak yang terjadi pada wasir.

Cara membuat ramuan ini sangat mudah, siapkan beberapa lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih. Didihkan daun sirsak dengan 4 gelas air, didihkan hingga tersisa sekitar 2 gelas saja, minum selagi hangat. Akan lebih baik meminumnya secara rutin 1 gelas setiap pagi.

Gunakan juga daun sirsak ini sebagai obat alami untuk penyakit rematik Anda.


3. DAUN SOSOR BEBEK

Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita
Cocor bebek atau suru bebek (Latin:Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn.

Cocor bebek atau suru bebek (Latin:Kalanchoe pinnata syn. Bryophyllum calycinum syn. Bryophyllum pinnatum) adalah tumbuhan sukulen (mengandung air) yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun (tunas/adventif).

Cocor bebek populer digunakan sebagai tanaman hias di rumah tetapi banyak pula yang tumbuh liar di kebun-kebun dan pinggir parit yang tanahnya banyak berbatu.

Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.

Cocor bebek menjadi tanaman yang umum di daerah beriklim tropika seperti Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, Makaronesia, Maskarenes, Galapagos, Melanesia, Polinesia, and Hawaii. Di banyak daerah tersebut, seperti di Hawaii, tanaman ini dianggap sebagai spesies yang invasif.

Alasan utama penyebarannya yang besar adalah karena kepopuleran tanaman ini sebagai tanaman hias.

Cocor bebek mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, dan tanin. Cocor bebek digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, sakit dada, borok, dan penyakit kulit lainnya, menyembuhkan demam, memperlancar haid yang tidak teratur, obat luka, serta bisul.

Berbeda dengan pegagan, daun sosor bebek lebih sering dipergunakan untuk tanaman hias. Tanaman hias tersebut diklaim berkhasiat untuk mengobati wasir atau ambeien.

Langkah pertama ambil sekitar 50 lembar daun sosor bebek, cuci hingga bersih. Tumbuh semua daun hingga halus dan masukkan kedalam wadah.

Ambil satu sendok makan bubuk daun sosor bebek lalu seduh dalam ¾ air panas. Aduk dan minum selagi hangat, dapat ditambahkan madu.


4. PEGAGAN / KAKI KUDA  / ANTANAN

Obat Tradisional Wasir/Ambeien (Hemoroid) Tanpa Operasi, Dengan Bahan Disekitar Kita
Pegagan/Daun Kaki Kuda/Antanan (Centella asiatica)

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan.

Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit (misalnya keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.
  • Nama Lokal
Peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), Pigago (Minang) daun tapak kudo (solok).
  • Jenis Pegagan
Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah. Jenis pegagan yang banyak dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang, tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek). Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi. Selain itu, tanaman yang mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.
  • Kandungan
Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.
  • Sifat dan Manfaat
Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).

Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.
  • Pengolahan
Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.

Tanaman obat wasir alami pegagan atau biasa dikenal dengan kaki kuda, merupakan tanaman yang termasuk dalam tanaman rumput liar.

Tanaman ini banyak tumbuh di kebun, pekarangan rumah atau tempat liar lainnya. Ternyata rumput liar yang sering dibuat lalapan ini memiliki khasiat guna menanggulangi masalah wasir.

Ambil satu genggam pegagang beserta akarnya dan cuci bersih. Rebus dan didihkan dalam 2 gelas air. Saring dan minum air rebusan ini dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk meminumnya secara rutin.

Bagi Anda penderita diabetes, Anda juga bisa menggunakan tanaman ini sebagai obat penurun kadar gula atau diabetes alami.


5. KULIT MANGGIS

Kulit Manggis/Garcinia mangostana L

Manggis dengan bahasa ilmiahnya Garcinia mangostana L adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.

Buah Manggis mengandung energi sebesar 63 kilokalori, protein 0,6 gram, karbohidrat 15,6 gram, lemak 0,6 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 12 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain itu di dalam Buah Manggis juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 2 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Buah Manggis, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 29 %.

Laurent Garcin, penjelajah hutan berkebangsaaan Perancis yang memberi nama Garcinia mangostana pada abad ke-16, mungkin tidak menduga temuannya memiliki manfaat lebih hebat daripada pengetahuan zaman kuno itu. Semua bermula pada April 1993 saat Munekazu Iinuma mengumpulkan kulit manggis dari berbagai sentra di Indonesia. Kulit manggis itu kemudian diterbangkan ke Gifu Pharmaceutical University, Jepang.

Di sana, oleh Kenji Matsumoto dan kawan-kawan, termasuk Munekazu Iinuma, sejumlah 2,7 kg kulit buah manggis kering diekstrak dengan heksana, benzena, aseton, dan alkohol 70%. Ekstraksi menghasilkan 6 turunan xanthone: a-mangostin, b-mangostin, g-mangostin, mangostinone, garcinone E, dan 2-isoprenyl-1,7-dihydroxy-3-methoxyxanthone.

Selanjutnya mereka mengambil sejumlah sel penyebab leukemia, seperti HL60, K562, NB4, dan U937 dari Riken Cell Bank, Tsukuba, Ibaraki, Jepang. Sel kanker penyebab leukemia itu dikulturkan, kemudian senyawa-senyawa xanthone dilarutkan dalam kultur itu. Hasilnya terbukti bahwa a-mangostin memicu proses apoptosis sel leukemia.

Hasil penelitian Kenji Matsumoto itu seakan-akan menjadi pemicu perhatian ilmuwan dunia pada manggis. Lima bulan setelah penelitian Kenji Matsumoto, di Swiss ada penelitian yang membuktikan, xanthone ampuh mengatasi depresi. Berikutnya susul-menyusul penelitian di berbagai negara yang hasilnya saling menguatkan efek xanthone sebagai obat. Di Taiwan, misalnya, pada Mei 1996 dilakukan 2 penelitian yang berbeda. Satu penelitian membuktikan khasiat xanthone mengatasi depresi; penelitian lain, antikanker.
  • Tangkal Penyakit Modern
Kehebatan kulit manggis tidak luput dari perhatian peneliti di Indonesia. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi. Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis.

Yang paling banyak memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, betamangostin, dan garcinon-E. Pemeran utama penumpas sel kanker ialah alfamangostin dan garcinon-E. Keduanya menghambat proliferasi sel kanker dengan mengaktivasi enzim kaspase 3 dan 9, yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker. Alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.
  • Kandungan Gizi Kulit Manggis
Kulit buah manggis mengandung xanthone, zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan jantung. sekarang sudah banyak terdapat produksi ekstrak kulit manggis, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan ekstrak kulit buah manggis
  • Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Buah Manggis :
  1. Nama Bahan Makanan : Buah Manggis
  2. Nama Lain / Alternatif : -
  3. Banyaknya Buah Manggis yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  4. Bagian Buah Manggis yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 29 %
  5. Jumlah Kandungan Energi Buah Manggis = 63 kkal
  6. Jumlah Kandungan Protein Buah Manggis = 0,6 gr
  7. Jumlah Kandungan Lemak Buah Manggis = 0,6 gr
  8. Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Manggis = 15,6 gr
  9. Jumlah Kandungan Kalsium Buah Manggis = 8 mg
  10. Jumlah Kandungan Fosfor Buah Manggis = 12 mg
  11. Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Manggis = 1 mg
  12. Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Manggis = 0 IU
  13. Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Manggis = 0,03 mg
  14. Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Manggis = 2 mg
  15. Khasiat / Manfaat Buah Manggis : - (Belum Tersedia)
  16. Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B

Kulit manggis memang sudah sangat dikenal sebagai tanaman obat tradisional wasir dan mengatasi berbagai macam masalah penyakit.

Saat ini ada banyak produk kulit manggis yang telah dikemas dalam bentuk obat siap konsumsi. Akan tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin membuat ramuan kulit manggis ini di rumah.

Caranya hampir sama dengan proses daun sirsak, siapkan beberapa kulit manggis lalu cuci bersih. Didihkan dalam 4 gelas air dan tunggu hingga tinggal setengahnya saja. Saring air dan minum ramuan tersebut secara rutin.

Tidak ketinggalan juga, selain mampu mengobati penyakit wasir Anda juga bisa menggunakan kulit manggis ini sebagai obat tradisional untuk penyakit amandel tanpa operasi.

Baca Juga :
Share:  

3 comments:

  1. Agen Judi Taruhan Online yang menyediakan permainan yang terlengkap hanya di BOLAVITA

    Agen BOLAVITA menyediakan permainan Judi Taruhan Online yang sangat lengkap pastinya. Yang dapat Anda mainkan dimana dan kapanpun juga.

    Dengan minimal deposit hanya Rp 50.000 saja sudah bisa mainkan permainan yang ada di Agen BOLAVITA

    Agen BOLAVITA menyediakan jenis taruhan yang terlengkap dan terbesar yang bisa Anda coba mainkan.
    • Bola Tangkas (Tangkasnet, Tangkas88 dan Tangkas1)
    • Casino Online (WM Casino, Green Dragon dan SBOBET Casino)
    • Sabung Ayam (S128, SV388 dan Kungfu Chicken)
    • Taruhan Bola (SBOBET, MAXBET/ICB Bet dan 368 Bet)
    • Togel Online (KLIK4D dan ISIN4D)
    • Games Virtual / Slot Games (Joker dan Play1628)

    Tunggu apalagi? Daftar dan gabung sekarang juga di www.bolavita.ltd

    Baca juga =
    1. Daftar Sabung Ayam Cara S128 di BOLAVITA
    2. Promo Promo BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    ReplyDelete
  3. ituDomino - Agen Sakong Online | Bandar66 | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas Indonesia

    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
    1 ID untuk 9 Permainan yang disediakan oleh Situs ituDomino

    • AduQ
    • Poker
    • BandarQ
    • Domino99
    • Bandar 66
    • Capsa Susun
    • Bandar Poker
    • Bandar Sakong
    • Perang Baccarat

    • Bonus Cashback 0.3% (dibagikan 2x setiap Minggunya)
    • Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    • Customer Service 24 Jam Nonstop
    • Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Permata Bank)

    Pusat Bantuan ituDomino
    Deposit Via Pulsa, OVO & Gopay

    LINE : ituDomino
    WECHAT : CS_ituDomino
    TELEGRAM : @ituDomino
    WHATSAPP : +855.8933.9786

    ReplyDelete