Polisi akan Terus Lanjutkan Kasus Meme Setya Novanto

loading...
Hukum Dan Undang Undang (Jakarta) ~ Kepolisian Republik Indonesia tetap tidak akan menghentikan proses hukum yang sedang berjalan soal kasus laporan pencemaran nama baik melalui meme terhadap Ketua DPR Setya Novanto. Polri justru meminta masyarakat bisa belajar dari kesalahan yang terjadi dalam kasus ini.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menyatakan pihaknya akan memproses semua laporan yang masuk dan bukan hanya kasus Novanto saja. Pasalnya, kata dia, semua orang memiliki kedudukan yang sama di mata hukum.

Polisi akan Terus Lanjutkan Kasus Meme Setya Novanto
Kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto Frederic Yunadi dan timnya menunjukkan sejumlah meme Setya Novanto yang beredar di internet di Direktorat Pidana Cyber Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (1/11/2017). ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
"Itulah risikonya polisi. Kalau ada yang melapor, ya harus diproses," kata Setyo di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Senin (6/11/2017).

Ia mengatakan, apabila pembuat meme Setya Novanto tidak dikriminalisasi, maka nanti akan banyak pihak yang juga merasa tidak bersalah. Ia berharap masyarakat bisa lebih berhati-hati karena hal ini merupakan bentuk edukasi terhadap masyarakat.

"Ini juga suatu pembelajaran untuk rekan-rekan media ketahui, tolong melakukan edukasi kepada masyarakat. Bahwa membuat meme begitu, itu juga harus hati-hati. Jadi, saya selalu mengatakan tolong pikir dulu baru pencet. Jangan mencet baru mikir," ungkapnya.

Setyo menyatakan bahwa pihak kepolisian akan mengundang ahli pidana, ahli UU ITE, dan ahli bahasa untuk menentukan unsur pidana dalam kasus pembuat meme itu.

"Ya, nanti gini. Ini untuk menentukan masuk atau tidaknya (ke pidana), teman-teman penyidik juga minta keterangan dari ahli. Tidak serta-merta. Kami akan undang ahli," pungkasnya lagi.

Sebelumnya, staf ahli hukum Kominfo, Henri Subiakto menegaskan tidak adanya unsur pidana dalam kasus yang dilaporkan Novanto melalui kuasa hukumnya.

Baca :
Meme yang dibuat justru berupa satire atau sindiran yang tidak mengandung unsur fitnah dan pencemaran nama baik. Beberapa pihak pun meminta polisi untuk menghentikan laporan kasus tersebut.

“Itu pengertian keranjang sampah, jadi menghina itu dianggap semua yang bikin kita kesal,” kata Henri Subiakto saat menanggapi kasus yang menjerat Dyann Kemala Arrizzqi, salah seorang tersangka kasus pencemaran nama baik Ketua Partai Golkar, Setya Novanto.
Share:  

1 comment:

  1. Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Cuma Cuma
    Hanya Di SumoQQ
    Real Website Real Player, Real Winner
    Silahkan Buktikan dan Bergabung Bersana kami
    Dan Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan
    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 6 Bank Local
    Minimal Deposit & Withdraw 15Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia2 Kan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Ada Di Pilihan Anda.
    Jadi Jangan Sampai Salah Pilih Situs
    Ingin Jadi Jutawan SumoQQ(dot)com Solusimya !!
    Hub kami Untuk Info Lebih Lanjut :
    Skype : SumoQQ
    Fb : SumoQQ
    BBM : D8ACD825
    Line : SumoQQ
    WA : +855 96 497 3259
    Link Alternatif :
    www(dot)SumoQQ(dot)net
    www(dot)SumoQQ(dot)info
    www(dot)SumoQQ(dot)org
    Join Sekarang !! Kami Tunggu Kehadiran Para Calon Jutawan

    ReplyDelete